ABSTRAK
Galileo
Galilei. 2014. Analisis Isi dan Penyajian Buku Sekolah
Elektronik (BSE) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI
Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Tesis. Program Studi
Pendidkan Olahraga. Program Pascasarjana, Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Soegiyanto KS, M.S., Pembimbing II
Dr. Setya Rahayu, M.S.
Kata
Kunci : Analisis isi dan penyajian, Buku Sekolah Elektronik,
Pembelajaran Penjasorkes
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat kesesuaian isi dan tingkat
kelayakan penyajian dalam BSE Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan untuk SMA Kelas XI yang beredar di Kota Semarang.
Penelitian
ini merupakan penelitian content analyasis (analisis isi),
penelitian yang mendalam terhadap isi suatu informasi yang tertulis
atau tercetak dalam sumber data. Sumber data dalam penelitian ini
berupa dokumen BSE pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, serta
ahli yang terkait dengan evaluasi buku teks seperti ahli penjas.
Hasil
dari penelitian ini pada sampel I, komponen tingkat kelayakan isi
yang terdiri dari 6 sub komponen yaitu: 1) kesesuaian materi dengan
SK dan KD, dengan persentase 85%, 2) keakuratan materi, dengan
persentase 71,25%, 3) kemutakhiran materi, dengan persentase 75%, 4)
kesesuaian dengan kehidupan anak, dengan persentase 66,66%, 5)
kepekaan terhadap nilai-nilai Penjasorkes, dengan persentase 87,5%,
dan 6) materi pendukung, dengan persentase 100%. Sedangkan pada
komponen kelayakan penyajian yang terdiri dari 3 sub komponen, yaitu:
1) penyajian materi, dengan persentase 85,71%, 2) penyajian materi
pembelajaran, dengan persentase 80,26%, dan 3) kelengkapan penyajian,
dengan persentase 92,5%. Pada sampel 2, komponen tingkat kelayakan
isi yang terdiri dari 6 sub komponen yaitu: 1) kesesuaian materi
dengan SK dan KD, dengan persentase 81,66%, 2) keakuratan materi,
dengan persentase 72,5%, 3) kemutakhiran materi, dengan persentase
77,27%, 4) kesesuaian dengan kehidupan anak, dengan persentase 100%,
5) kepekaan terhadap nilai-nilai Penjasorkes, dengan persentase 100%,
dan 6) materi pendukung, dengan persentase 100%. Sedangkan pada
komponen kelayakan penyajian, yaitu: 1) penyajian materi, dengan
persentase 80,35%, 2) penyajian materi pembelajaran, dengan
persentase 80,26%, dan 3) kelengkapan penyajian, dengan persentase
92,5%.
Simpulan
penelitian: berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kedua
sampel BSE Penjasorkes pada komponen kelayakan isi memiliki kategori
baik, sedangkan pada komponen kelayakan penyajian memiliki komponen
baik sekali. Disarankan bagi guru, untuk melakukan analisis terhadap
buku yang akan digunakan. Penulis dan penerbit hendaknya membuat buku
dengan menarik dan sistematis sehingga mudah dipahami.
ABSTRACT
Galileo
Galilei. 2014. the analysis of the content and presentation of the
book School of electronics (BSE) physical education health and sports
Class XI high school in the city of Semarang. Thesis. Course
Pendidkan Sport. Graduate School, State University Of Semarang.
Supervisor I, Prof. Dr. Soegiyanto KS, M.S., Supervisor II Dr. Setya
Rahayu, M.S.
Key
words: analysis of contents and presentation, Electronic Learning,
School Book Penjasorkes
This
research aims to find out: the level of compliance of the content and
presentation of the feasibility level of BSE health and sports
physical education for HIGH SCHOOL Class XI are circulating in the
city of Semarang.
This
research is the research content analyasis (content analysis), an
in-depth study of the content of a written or printed information in
the data source. The data source in this research in the form of
document BSE physical education health and sports, as well as related
to the evaluation of textbooks such as physical education experts.
The
results of this research on a sample I, the eligibility level content
component consists of 6 sub components are: 1) the suitability of the
material with SK and KD, with the percentage of 85%, 2) the accuracy
of the material, with the percentage of 71,25%, 3) up to date
material, with the percentage of 75%, 4) conformity with children's
lives, with the percentage of 66,66%, 5) sensitivity to the values of
the Penjasorkes, with the percentage of 87.5%, supporting material
and 6), with a percentage of 100%. Whereas, in the presentation of
the feasibility component consists of three components, namely: 1)
presentation of the material, with the percentage of 85,71%, 2)
presentation material learning, with the percentage of 80,26%, and 3)
completeness of presentation, with the percentage of 92.5%. In sample
2, component-level appropriateness of content consisting of six
components, namely: 1) the suitability of the material with SK and
KD, with the percentage of 81,66%, 2) the accuracy of the material,
with the percentage of 72,5%, 3) up to date material, with the
percentage of 77,27%, 4) conformity with children's lives, with a
percentage of 100%, 5) sensitivity to the values of the Penjasorkes,
with a percentage of 100%, and 6 supporting materials), with a
percentage of 100%. While serving on the feasibility component, i.e.:
1) presentation of the material, with the percentage of 80,35%, 2)
learning material rendering, with the percentage of 80,26%, and 3)
completeness of presentation, with the percentage of 92.5%.
Research
Summary: based on the research results, the overall BSE samples
Penjasorkes second on the component eligibility categories have good
content, while on the feasibility of presentation components have
component well. It is advisable for the teacher, to do an analysis of
the textbooks that will be used. Authors and publishers should make a
book with interesting and systematic so that easy to understand.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar