Jumat, 16 Januari 2015

Analisis Isi dan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang

ABSTRAK

Galileo Galilei. 2014. Analisis Isi dan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Tesis. Program Studi Pendidkan Olahraga. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Soegiyanto KS, M.S., Pembimbing II Dr. Setya Rahayu, M.S.

Kata Kunci : Analisis isi dan penyajian, Buku Sekolah Elektronik, Pembelajaran Penjasorkes

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat kesesuaian isi dan tingkat kelayakan penyajian dalam BSE Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA Kelas XI yang beredar di Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian content analyasis (analisis isi), penelitian yang mendalam terhadap isi suatu informasi yang tertulis atau tercetak dalam sumber data. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen BSE pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, serta ahli yang terkait dengan evaluasi buku teks seperti ahli penjas.
Hasil dari penelitian ini pada sampel I, komponen tingkat kelayakan isi yang terdiri dari 6 sub komponen yaitu: 1) kesesuaian materi dengan SK dan KD, dengan persentase 85%, 2) keakuratan materi, dengan persentase 71,25%, 3) kemutakhiran materi, dengan persentase 75%, 4) kesesuaian dengan kehidupan anak, dengan persentase 66,66%, 5) kepekaan terhadap nilai-nilai Penjasorkes, dengan persentase 87,5%, dan 6) materi pendukung, dengan persentase 100%. Sedangkan pada komponen kelayakan penyajian yang terdiri dari 3 sub komponen, yaitu: 1) penyajian materi, dengan persentase 85,71%, 2) penyajian materi pembelajaran, dengan persentase 80,26%, dan 3) kelengkapan penyajian, dengan persentase 92,5%. Pada sampel 2, komponen tingkat kelayakan isi yang terdiri dari 6 sub komponen yaitu: 1) kesesuaian materi dengan SK dan KD, dengan persentase 81,66%, 2) keakuratan materi, dengan persentase 72,5%, 3) kemutakhiran materi, dengan persentase 77,27%, 4) kesesuaian dengan kehidupan anak, dengan persentase 100%, 5) kepekaan terhadap nilai-nilai Penjasorkes, dengan persentase 100%, dan 6) materi pendukung, dengan persentase 100%. Sedangkan pada komponen kelayakan penyajian, yaitu: 1) penyajian materi, dengan persentase 80,35%, 2) penyajian materi pembelajaran, dengan persentase 80,26%, dan 3) kelengkapan penyajian, dengan persentase 92,5%.
Simpulan penelitian: berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kedua sampel BSE Penjasorkes pada komponen kelayakan isi memiliki kategori baik, sedangkan pada komponen kelayakan penyajian memiliki komponen baik sekali. Disarankan bagi guru, untuk melakukan analisis terhadap buku yang akan digunakan. Penulis dan penerbit hendaknya membuat buku dengan menarik dan sistematis sehingga mudah dipahami.


ABSTRACT


Galileo Galilei. 2014. the analysis of the content and presentation of the book School of electronics (BSE) physical education health and sports Class XI high school in the city of Semarang. Thesis. Course Pendidkan Sport. Graduate School, State University Of Semarang. Supervisor I, Prof. Dr. Soegiyanto KS, M.S., Supervisor II Dr. Setya Rahayu, M.S.

Key words: analysis of contents and presentation, Electronic Learning, School Book Penjasorkes

This research aims to find out: the level of compliance of the content and presentation of the feasibility level of BSE health and sports physical education for HIGH SCHOOL Class XI are circulating in the city of Semarang.
This research is the research content analyasis (content analysis), an in-depth study of the content of a written or printed information in the data source. The data source in this research in the form of document BSE physical education health and sports, as well as related to the evaluation of textbooks such as physical education experts.
The results of this research on a sample I, the eligibility level content component consists of 6 sub components are: 1) the suitability of the material with SK and KD, with the percentage of 85%, 2) the accuracy of the material, with the percentage of 71,25%, 3) up to date material, with the percentage of 75%, 4) conformity with children's lives, with the percentage of 66,66%, 5) sensitivity to the values of the Penjasorkes, with the percentage of 87.5%, supporting material and 6), with a percentage of 100%. Whereas, in the presentation of the feasibility component consists of three components, namely: 1) presentation of the material, with the percentage of 85,71%, 2) presentation material learning, with the percentage of 80,26%, and 3) completeness of presentation, with the percentage of 92.5%. In sample 2, component-level appropriateness of content consisting of six components, namely: 1) the suitability of the material with SK and KD, with the percentage of 81,66%, 2) the accuracy of the material, with the percentage of 72,5%, 3) up to date material, with the percentage of 77,27%, 4) conformity with children's lives, with a percentage of 100%, 5) sensitivity to the values of the Penjasorkes, with a percentage of 100%, and 6 supporting materials), with a percentage of 100%. While serving on the feasibility component, i.e.: 1) presentation of the material, with the percentage of 80,35%, 2) learning material rendering, with the percentage of 80,26%, and 3) completeness of presentation, with the percentage of 92.5%.
Research Summary: based on the research results, the overall BSE samples Penjasorkes second on the component eligibility categories have good content, while on the feasibility of presentation components have component well. It is advisable for the teacher, to do an analysis of the textbooks that will be used. Authors and publishers should make a book with interesting and systematic so that easy to understand.

Tidak ada komentar: