Jumat, 16 Januari 2015

Manfaat Strategi Pembelajaran Penjaskes

    Seorang guru dalam memilih dan menetapkan strategi pembelajaran tidak lepas dari tujuan pembelajaran karena tujuan pembelajaran merupakan awal dan muara dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Guru professional harus dapat merumuskan tujuan pembelajarannya dalam bentuk perilaku siswa yang dapat diukur yaitu menunjukkan apa yang dapat dilakukan oleh siswa tersebut sesudah mengikuti pelajaran. Adapun manfaat dari strategi pembelajaran dalam penjas yaitu:  
(1)  memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada  siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara  lebih mandiri, 
(2) memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar, 
(3)  membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran, 
(4) memudahkan guru mengadakan penilaian.

Ada dua kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih tujuan pembelajaran, yaitu: 
(1) preferensi nilai guru yaitu cara pandang dan keyakinan guru mengenai apa yang penting dan seharusnya diajarkan kepada siswa serta bagaimana cara membelajarkannya; dan 
(2) analisis taksonomi perilaku; dengan menganalisis taksonomi perilaku ini, guru akan dapat menentukan dan menitikberatkan bentuk dan jenis pembelajaran yang akan dikembangkan, apakah seorang guru hendak menitikberatkan pada pembelajaran kognitif, afektif ataukah psikomotor.

Tidak ada komentar: