Seorang
guru dalam memilih dan menetapkan strategi pembelajaran tidak lepas
dari tujuan pembelajaran karena tujuan pembelajaran merupakan awal
dan muara dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Guru professional
harus dapat merumuskan tujuan pembelajarannya dalam
bentuk perilaku siswa yang dapat diukur yaitu menunjukkan apa yang
dapat dilakukan oleh siswa tersebut sesudah mengikuti pelajaran.
Adapun manfaat dari strategi pembelajaran dalam penjas yaitu:
(1) memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar
kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan
belajarnya secara lebih mandiri,
(2) memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar,
(3) membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media
pembelajaran,
(4) memudahkan guru mengadakan
penilaian.
Ada
dua kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih tujuan pembelajaran,
yaitu:
(1) preferensi nilai guru
yaitu cara pandang dan keyakinan guru mengenai apa yang penting dan
seharusnya diajarkan kepada siswa serta bagaimana cara
membelajarkannya; dan
(2) analisis
taksonomi perilaku; dengan menganalisis
taksonomi perilaku ini, guru akan dapat menentukan dan
menitikberatkan bentuk dan jenis pembelajaran yang akan dikembangkan,
apakah seorang guru hendak menitikberatkan pada pembelajaran
kognitif, afektif ataukah psikomotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar