Minggu, 19 Mei 2013

Definisi dan arti proses pembelajaran



Arsyad (2008), mengemukakkan Belajar adalah suatu proses yang  kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tinggkat pengetahuan, keterampilan atau sikapnya.
Dalam penelitian ini proses belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa berdasarkan pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya dan perencanaan tersebut harus dijalankan selama pembelajaran berlangsung. Pada dasarnya proses belajar dalam penelitian ini merupakan keterlaksanaan RPP untuk mewujudkan tujuan-tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Penilain proses belajar dapat dilakukan dengan cara observasi dimana hal-hal yang harus dinilai seperti kesiapan siswa, aktivitas siswa diawal kegiatan pembelajaran, interaksi siswa dengan guru, keaktifan siswa dalam kegiatan diskusi kelompok, serta partisipasi siswa dalam menutup pelajaran yang dapat diukur dari lembar observasi keterlaksanaan RPP.

Tidak ada komentar: