Minggu, 19 Mei 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Reaksi redoks dengan model pembelajaran snowball drilling



       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


Nama Sekolah           :  SMA
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas/Semester           :  X / II
Alokasi Waktu           :  2 x 45 menit
A.    Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit serta reaksi oksidasi - reduksi.
B.     Kompetensi Dasar 
Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan  hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
C.    Indikator
1.      Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
2.      Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
v  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan  dan penurunan bilangan oksidasi.
v  Menentukan bilangan oksidasi pada atom unsur senyawa atau ion.
E.     Materi  Pembelajaran
1.   Konsep oksidasi dan reduksi
2.   Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
F.     Pendekatan, Metode dan Model pembelajaran
1.   Pendekatan Pembelajaran : Konseptual
2.   Model Pembelajaran         : Snowball Drilling
3.   Metode Pembelajaran       : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
G.    Karakter yang ingin dicapai
1.   Kejujuran                          6. Kritis
2.   Keberanian                        7. Menghargai pendapat orang lain
3.   Ketelitian                          8. Kerja sama
4.   Tenggangrasa                    9. Tekun
5.   Bertanggungjawab

H.    Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah:
No
Kegiatan pembelajaran
Alokasi Waktu
Karakter




I















II














































III
Kegiatan Awal
·       Guru memberikan apersepsi.
·       Guru memberikan motivasi.
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·       Guru memperkenalkan model pembelajaran Snowball Drilling
·       Siswa membentuk kelompok-kelompok belajar secara heterogen yang terdiri atas 5-6 orang.
·       Siswa duduk sesuai kelompoknya masing-masing.
·       Guru meminta siswa untuk mengeluarkan LKS yang telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti
v     Fase Eksplorasi
·       Guru memberikan gambaran awal materi : Pernahkan melihat     permukaan apel yang sudah digigit atau diiris? Mengapa warna permukaan apel yang sudah digigit tersebut berubah menjadi kecoklatan? Apa yang terjadi?
·       Siswa memperhatikan gambar buah apel pada kegiatan I untuk lebih memahami materi selanjutnya.
·       Untuk memahami materi pelajaran guru meminta pada siswa untuk menelaah gambar buah apel
·        Siswa dijelaskan pengertian bilangan reduksi oksidasi dan konsep oksidasi reduksi secara garis besar ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi dan guru meminta siswa untuk memperhatikan dan memahami materi pelajaran dengan seksama pada kegiatan I.
·         Guru memita siswa mengajukan pertanyaan terhadap materi yang belum dipahami.
·         Guru memberikan penjelasan terhadap materi yang belum dipahami oleh siswa.
·         Siswa mengeksplorasikan sumber informasi terhadap materi yang didapat.
v     Fase Elaborasi
·        Siswa mendiskusikan dan menjawab soal pada LKS dengan kelompok masing-masing  pada kegiatan II.
·         Guru mengamati dan membimbing siswa selama kegiatan menjawab soal berlangsung.
·         Siswa mendiskusikan dan menginterpretasikan dengan kelompoknya terhadap soal pada kegiatan II yang telah dijawab.
·         Setelah aktivitas kegiatan II selesai, guru mengundi/menunjuk seorang siswa untuk menjawab soal pilihan ganda (seandainya, siswa yang pertama mendapat kesempatan menjawab soal nomor 1 gagal, maka siswa itu diharuskan menjawab soal berikutnya hingga siswa  tersebut berhasil menjawab item soal pada suatu nomor soal tertentu.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang diundi tadi untuk menjawab soal nomor 1.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah menjawab soal nomor 1 untuk menunjuk salah satu temannya untuk menjawab soal berikutnya. (mekanisme giliran menjawab sama, sampai paket soal pilihan ganda telah terjawab semua).

v     Fase Konfirmasi
·         Setelah semua pertanyaan telah dijawab secara benar oleh siswa, guru bersama siswa menarik kesimpulan secara umum berdasarkan hasil diskusi kelompok.
v    Penutup
·         Guru memberikan tugas rumah dan menginformasikan untuk materi pertemuan selanjutnya.
·         Siswa mengumpulkan LKS
5 menit
1 menit
1 menit
1 menit
1 menit

1 menit



75 menit

1 menit










25 menit





2 menit

5 menit

5 menit


10 menit



3 menit


1 menit






2 menit

20 menit





5 menit



2 menit



Tekun
Kritis
Tekun
Kerja sama

Tenggang rasa


Tekun




Kritis




Kritis






Kritis





Keberanian

Kritis

Keberanian


Tenggang rasa

Kritis

Kejujuran


Kerja sama






Ketelitian

Kritis





Kritis



Tekun
I.       Sumber Belajar
·       Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga
·       Budi, utami. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas X. Surabaya : PT JePe Press  Media  Utama.
·       Buku kimia yang relevan
J.       Penilaian Instrumen (terlampir)
a.    Teknik Penilaian
1.      Penilaian Kognitif
2.      Penilaian Afektif
3.      Lembar LKS sebagai bahan diskusi
b.   Bentuk Instrumen
·      Soal pilihan ganda
                                                                                                              Mataram,      Maret 2013
Guru Bidang Studi,


NIP.
                                    Peneliti,

                                   
                                    NIM.   

                                                     Mengetahui,
                                 Kepala Sekolah SMA


                                                   NIP.

Tidak ada komentar: