Minggu, 19 Mei 2013

Metodologi Penelitian

Rancangan penelitian yaitu semua proses yang diperlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan penelitian (Nazir, 1999). Sedangkan Arikunto (2010), rancangan penelitian adalah suatu cara untuk mencari jawaban dari rumusan masalah. Dalam penelitian ini dijabarkan tentang jenis, desain, dan pendekatan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiyono, 2009). Quasi Experiment mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. DesaiQuasi Experiment ini digunakan karena pada kenyataannya sulit mendapatkan kelompok kontrol yang digunakan untuk penelitian.
Pendekatan penelitian adalah metode atau cara mengadakan penelitian. Sedangkann jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan penelitian untuk memperoleh data dalam bentuk jumlah atau skor angka yang dianalisis dengan metode statistik (Sugiyono, 2011). Pendekatan kuantitatif pada ranah kognitif berupa hasil belajar siswa yang menyangkut knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan). Hasil belajar siswa pada level kognitif diukur dari kemampuan peserta didik berupa mengerjakan dan menjawab butir soal sebanyak 24 nomor pada materi reaksi reduksi oksidasi. 
Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif (Sugiyono, 2011). Dalam penelitian ini, yang termasuk pendekatan kualitatif adalah data proses belajar dan penilaian pada ranah afektif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini diukur dari lembar observasi proses belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain jenis Post-test Control Group Design, yaitu penelitian yang melibatkan dua kelompok sampel masing-masing ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Arikunto, 2010). Desain penelitian dapat dilihat pada tabel 3.1. berikut :
  Tabel 3.1 Desain Penelitian Post-test Control Group Design
Kelas
Perlakuan
Posttest
E
X1
01
K
X2
01
 (sumber : Arikunto, 2010)
Keterangan:
  :   Kelompok kelas eksperimen
K   :    Kelompok kelas kontrol
X:    Perlakuan dengan model pembelajaran Snowball Drilling
X:    Perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional
01  :    Post-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol
Berdasarkan rancangan di atas, pada kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai kedua kelas tersebut diuji dengan menggunakan post-test berupa soal pilihan ganda sebanyak 24 butir yang sudah di validasi. Selain rancangan diatas, dalam penelitian ini menggunakan rancangan  penelitian deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui nilai variabel proses belajar dan hasil belajar siswa pada ranah afektif terhadap kedua sampel dengan menggunakan pedoman lembar observasi proses belajar siswa.


Tidak ada komentar: