ABSTRAK : SRI MULYAWATI
Berdasarkan hasil obsevasi di MA
Raudlatusshibyan NW Belencong, sebagian besar siswa menyatakan bahwa pelajaran
kimia sulit, sehingga siswa mengalami
kesulitan dalam memahaminya khusus materi hidrokarbon. Salah satu upaya
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa adalah memperbaiki proses pembelajaran. Dengan menerapkan model
pembelajaran Time Token diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar pada konsep hidrokarbon siswa kelas X semester II di MA
Raudlatusshibyan NW Belencong Gunungsari Lombok Barat. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu
dimana diperoleh aktivitas guru siklus I dengan skor 16 kategori aktif, siklus
II skor yang diperoleh 17 dengan kategori aktif dan pada siklus III diperoleh
skor 17 kategori aktif, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu siklus I skor yang
diperoleh 10 dengan kategori kurang aktif, pada siklus II dengan skor 11
kategori cukup aktif dan siklus III dengan skor 13 kategori aktif. Untuk hasil
belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,57 pada siklus I, 63,347 siklus II
dan sebesar 67,70 siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Time Token dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep hidrokarbon siswa kelas X
semester II di MA Raudlatusshibyan NW Belencong Gunungsari Lombok Barat Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Kata
kunci: Time Token, Aktivitas, Hasil Belajar,
Hidrokarbon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar