Minggu, 19 Mei 2013

Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Konsep Hidrokarbon


ABSTRAK : SRI MULYAWATI

               Berdasarkan hasil obsevasi di MA Raudlatusshibyan NW Belencong, sebagian besar siswa menyatakan bahwa pelajaran kimia  sulit, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya khusus materi hidrokarbon. Salah satu upaya untuk  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah memperbaiki proses pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran Time Token  diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep hidrokarbon siswa kelas X semester II di MA Raudlatusshibyan NW Belencong Gunungsari Lombok Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi  dan tes. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada  aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dimana diperoleh aktivitas guru siklus I dengan skor 16 kategori aktif, siklus II skor yang diperoleh 17 dengan kategori aktif dan pada siklus III diperoleh skor 17 kategori aktif, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu siklus I skor yang diperoleh 10 dengan kategori kurang aktif, pada siklus II dengan skor 11 kategori cukup aktif dan siklus III dengan skor 13 kategori aktif. Untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,57 pada siklus I, 63,347 siklus II dan sebesar 67,70 siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep hidrokarbon siswa kelas X semester II di MA Raudlatusshibyan NW Belencong Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2010/2011.

Kata kunci:  Time Token, Aktivitas, Hasil Belajar, Hidrokarbon

Tidak ada komentar: