Minggu, 19 Mei 2013

Proses Penerapan Model Pembelajaran Snowball Drilling Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Siswa Kelas X Semester Ii Sma Hang Tuah 3 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013

ABSTRAK : Permasalahan yang mendasar terhadap pembelajaran yang terjadi di SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun pelajaran 2011/2012 adalah rendahnya minat belajar siswa, siswa masih pasif dalam proses transformasi pelajaran dan guru lebih intens menggunakan metode ceramah tanpa adanya proses tanya jawab. Oleh karena itu untuk mengatasi problem tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu membuat siswa termotivasi dan terangsang untuk belajar. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Drilling. Model pembelajaran Snowball Drilling merupakan model pembelajaran alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang antara lain berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan :  Untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling pada materi reaksi reduksi oksidasi siswa kelas X SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Quasi Eksperimental atau eksperimen semu dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah jenis Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas X SMA Hang Tuah 3 Mataram yang terdiri dari 2 kelas, dalam penelitian ini sampel dipilih dengan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh 24 soal yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,816 dengan kategori sangat tinggi. Teknik pengumpulan data untuk data proses belajar menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP sedangkan data hasil belajar diperoleh dari kemampuan menjawab soal posttest. Teknik analisis data menggunakan (uji-t), untuk data hasil belajar afektif pada kelas X1 (Eksperimen) sebesar 73,92% dan kelas X2 (Kontrol) sebesar 64,37%. Sedangkan untuk data hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata pada kelas X1 (Eksperimen)  sebesar 71,02 dan kelas X2 (Kontrol) sebesar 62,89%, dan dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (uji-t) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2.596) > 1,997). Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Drilling pada materi konsep reaksi reduki oksidasi  berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa kelas X semester II SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

KATA KUNCI : Snowball Drilling, Hasil Belajar, Reaksi Reduksi oksidasi.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bisa g mas saya minta journal atau skripsinya untuk bahan referensi pustaka untuk skripsi. Maksih mas sebelumny

Suara Pembebasan mengatakan...

iya bisa mas...