Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling adalah pembelajaran yang dikembangkan untuk menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan-bahan bacaan. Dalam penerapan model pembelajaran Snowball Drilling, peran guru adalah mempersiapkan paket-paket soal pilihan ganda dan menggelindingkan bola salju berupa soal latihan dengan cara menunjuk/mengundi untuk mendapatkan seorang peserta didik yang akan menjawab soal nomor 1. Jika peserta didik yang mendapat giliran pertama menjawab soal nomor tersebut langsung menjawab benar, maka peserta didik itu diberi kesempatan menunjuk salah satu temannya menjawab soal nomor berikutnya yaitu soal nomor 2. Seandainya, peserta didik yang pertama mendapat kesempatan menjawab soal nomor 1 gagal, maka peserta didik itu diharuskan menjawab soal berikutnya dan seterusnya hingga peserta didik tersebut berhasil menjawab benar item soal pada suatu nomor soal tertentu (Suprijono, 2009).
Jika
pada gelindingan (putaran) pertama bola salju masih terdapat item-item soal
yang belum terjawab, maka soal-soal itu dijawab oleh peserta didik yang
mendapat giliran. Mekanisme giliran menjawab sama seperti yang telah diuraikan
tersebut diatas. Diakhir pelajaran guru memberikan ulasan terhadap hal yang
telah dipelajari peserta didik (Suprijono, 2009).
Langkah-langkah
model pembelajaran Snowball Drilling adalah sebagai berikut :
- .Berikan
bahan bacaan kepada siswa secara individu
- Susunlah
pertanyaan pilihan ganda tentang bahan bacaan yang diberikan kepada siswa
(banyak soal boleh sebanyak siswa di kelas).
- Undi
terlebih dahulu siswa yang akan menjawab soal nomor 1.
- Berilah
soal nomor 1 kepada siswa yang telah diundi tadi
- Jika
siswa pertama dapat menjawab dengan benar soal nomor 1, dia menunjuk teman
lainnya untuk menjawab soal nomor 2. Akan tetapi, jika siswa pertama tidak
dapat menjawab soal nomor 1, dia harus menjawab soal nomor 2, dan
seterusnya sampai dia dapat menjawab soal nomor tertentu secara benar,
barulah dia menunjuk teman lainnya.
- Jika
pada putaran pertama masih terdapat soal/pertanyaan yang belum terjawab,
soal-soal itu dijawab oleh peserta didik yang mendapat giliran. Gilirannya
sama dengan di poin di atas.
- Setelah
semua pertanyaan telah dijawab secara benar oleh siswa, guru bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran yang baru berlangsung.
Keunggulan
dari model pembelajaran Snowball Drilling adalah siswa akan
lebih mempersiapkan diri untuk belajar di rumah dan dengan pemberian latihan
soal diakhir pertemuan, guru dapat mengevaluasi sejauh mana daya serap siswa
setelah melakukan kegiatan pembelajaran (Suprijono, 2009).
Jadi,
dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Drilling diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengalami ketuntasan pada
materi reaksi reduksi oksidasi
3 komentar:
boleh minya kelanjutan tentan snowball drilling dan dimana cari buku suprijononya??
bisa minta jurnal tentang pengaruh model pembelajaran snowball drilling terhadap hasil belajar kimia siswa, dan buku suprijono na d mna belinya, penting untk skripsi
Bukunya ada sama saya? Skripsi lengkap..
Posting Komentar