ABSTRAK : Permasalahan yang mendasar terhadap
pembelajaran yang terjadi di SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun pelajaran 2011/2012 adalah
rendahnya minat belajar siswa, siswa masih pasif dalam proses transformasi
pelajaran dan guru lebih intens menggunakan metode ceramah tanpa adanya proses
tanya jawab. Oleh karena itu untuk mengatasi problem tersebut diperlukan suatu
model pembelajaran yang mampu membuat siswa termotivasi dan terangsang untuk
belajar. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Drilling. Model pembelajaran Snowball Drilling merupakan model
pembelajaran alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang antara lain
berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model
pembelajaran Snowball Drilling pada
materi reaksi reduksi oksidasi siswa kelas X SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun
pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah jenis Quasi Eksperimental atau
eksperimen semu dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan desain
penelitian yang digunakan adalah jenis Posttest
Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan
model pembelajaran Snowball Drilling sedangkan
kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode konvensional. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Hang Tuah 3 Mataram yang terdiri dari 2 kelas, dalam penelitian
ini sampel dipilih dengan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Berdasarkan hasil uji
coba instrumen diperoleh 24 soal yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,816
dengan kategori sangat tinggi. Teknik pengumpulan data untuk data proses
belajar menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP sedangkan data hasil
belajar diperoleh dari kemampuan menjawab soal posttest. Teknik analisis data menggunakan (uji-t), untuk data
hasil belajar afektif pada kelas X1 (Eksperimen) sebesar 73,92%
dan kelas X2 (Kontrol) sebesar 64,37%.
Sedangkan untuk data hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata
pada kelas X1 (Eksperimen) sebesar 71,02
dan kelas X2 (Kontrol) sebesar 62,89%,
dan dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (uji-t) menunjukkan bahwa thitung
> ttabel (2.596)
> 1,997). Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran Snowball Drilling pada materi konsep reaksi reduki oksidasi berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar
siswa kelas X semester II SMA Hang Tuah 3 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.
KATA KUNCI : Snowball Drilling, Hasil Belajar, Reaksi Reduksi oksidasi.
2 komentar:
Bisa g mas saya minta journal atau skripsinya untuk bahan referensi pustaka untuk skripsi. Maksih mas sebelumny
iya bisa mas...
Posting Komentar