Selasa, 24 Februari 2015

Analisis Jurnal Berdasarkan Landasan Pendidikan


ANALISIS JURNAL
MENURUT LANDASAN KEPENDIDIKAN

Judul      : PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNANETRA SEKOLAH DASAR SLB NEGERI 1 PEMALANG
Abstrak            : Kemampuan belajar siswa tunanetra cenderung terhambat, salah satunya mengalami kesulitan berhitung sehingga prestasi belajar matematikanya tidak maksimal. Metode jarimatika dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk belajar berhitung bagi siswa tunanetra karena memanfaatkan media jari tangan (indera peraba/ taktil) dalam aplikasinya. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap prestasi belajar matematika pada siswa tunanetra sekolah dasar SLB Negeri 1 Pemalang. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa tunanetra sekolah dasar SLB Negeri 1 Pemalang yang seluruhnya termasuk dalam kelompok eksperimen. Perlakuan yang diberikan berupa proses pembelajaran operasi hitung bilangan matematika menggunakan metode jarimatika dalam 10 kali pertemuan. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi Onegroup Pretest-Posttest Design dengan alat ukur berupa soal tes prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Wilcoxon Signed-Rank Test menghasilkan nilai p sebesar 0,004 (p < 0,05). Hasil tersebut, menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode jarimatika terhadap prestasi belajar matematika siswa tunanetra sekolah dasar SLB Negeri 1 Pemalang.
Analisis          : Menurut landasan pendidikan, jurnal tersebut termasuk dalam landasan ilmiah dan teknologi. Metode jarimatika merupakan metode ilmiah yang mendukung proses pengajaran matematika yang menciptakan proses pembelajaran matematika lebih ringan dan menyenangkan siswa tuna netra. Sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan asyik, keterbatasan yang dialami siswa tuna netra tidak menjadi halangan untuk mempelajari matematika dengan metode baru tersebut. Pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan metode jarimatika merupakan teknologi ilmiah yang mendukung perkembangan kegiatan pendidikan.

Tidak ada komentar: