ANALISIS JURNAL
MENURUT LANDASAN
KEPENDIDIKAN
Judul :
PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNANETRA
SEKOLAH DASAR SLB NEGERI 1 PEMALANG
Abstrak : Kemampuan
belajar siswa tunanetra cenderung terhambat, salah satunya mengalami kesulitan
berhitung sehingga prestasi belajar matematikanya tidak maksimal. Metode
jarimatika dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk belajar berhitung
bagi siswa tunanetra karena memanfaatkan media jari tangan (indera peraba/
taktil) dalam aplikasinya. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh metode
jarimatika terhadap prestasi belajar matematika pada siswa tunanetra sekolah
dasar SLB Negeri 1 Pemalang. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa tunanetra
sekolah dasar SLB Negeri 1 Pemalang yang seluruhnya termasuk dalam kelompok
eksperimen. Perlakuan yang diberikan berupa proses pembelajaran operasi hitung
bilangan matematika menggunakan metode jarimatika dalam 10 kali pertemuan.
Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi Onegroup Pretest-Posttest
Design dengan alat ukur berupa soal tes prestasi belajar matematika.
Pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Wilcoxon Signed-Rank Test menghasilkan
nilai p sebesar 0,004 (p < 0,05). Hasil tersebut, menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dari metode jarimatika terhadap prestasi belajar
matematika siswa tunanetra sekolah dasar SLB Negeri 1 Pemalang.
Analisis : Menurut landasan pendidikan,
jurnal tersebut termasuk dalam landasan ilmiah dan teknologi. Metode jarimatika
merupakan metode ilmiah yang mendukung proses pengajaran matematika yang
menciptakan proses pembelajaran matematika lebih ringan dan menyenangkan siswa
tuna netra. Sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan asyik, keterbatasan
yang dialami siswa tuna netra tidak menjadi halangan untuk mempelajari
matematika dengan metode baru tersebut. Pembelajaran matematika yang
menyenangkan dengan metode jarimatika merupakan teknologi ilmiah yang mendukung
perkembangan kegiatan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar